JoH4n's bLOg!!!!!!!!

Johan "BLOG": Melacak Penyebaran Flu Burung Pakai Google Flu Trends

Kamis, 27 November 2008

Melacak Penyebaran Flu Burung Pakai Google Flu Trends

Google, Selasa lalu telah merilis sebuah situs baru yang dapat melacak progress dari adanya penyakit flu. Dengan menggunakan technology keyword pelacakan yang sama, yang digunakan di Google Trends, maka dapat mempermudah user untuk melakukan pencarian query yang mengandung kata ‘flu’ dan melacak kata tersebut diurutkan berdasarkan tanggal dan lokasi penderita.

Hal yang membuat technology pelacak flu memiliki daya tarik adalah data yang ada di query Google Flu Trends diset kembali ke tahun 2003, dan telah mengalami cross referensi data dengan data survey dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) beberapa tahun lalu. Google menyatakan bahwa khusus technology tracking flu ini memiliki system tersendiri yang berbasis di sebuah database constant, yang ditujukan untuk menyediakan hasil satu hingga dua minggu lebih cepat dibandingkan CDC.

Technique Google Flu Trends yang sama dapat digunakan dalam kerja sama dengan organisasi lain untuk melacak virus menular atau ancaman virus selain flu, termasuk AIDS, flu burung, dan honey bee Africa. Satu kelemahan yang ada di system Google Flu Trends adalah bahwa system pencarian yang ada tidak melacak traffic flu di seluruh dunia. Terdapat beberapa data yang ditemukan dari data tahun lalu, yang kemungkinan dulunya berada di tumpukan paling atas. Namun, seiring berjalannya waktu, mungkin data flu yang baru telah hadir sehingga data yang lama mungkin akan hilang. Berdasarkan chart Google, Google meluncurkan tools ini untuk membantu user menghadapi season yang berat, yang akan berjalan hingga January mendatang.

3 komentar:

Denny Wijaya mengatakan...

Wah..ada juga y teknologi kaya gini.. Google bener2 luar biasa d.. Mungkin untuk beberapa tahun ke depan ga hanya flu aja yg bisa dideteksi.. Penyakit berbahaya juga bisa terlacak..

Nice Post!

KRISTIANTO mengatakan...

Google emg selalu berinovasi y..selain flu burung,ntar bakalan ada yg lain lg tuh..

Cute Wilz mengatakan...

hatchiu ... wah2 itu artinya apa ye. tlg dong di cari di flu trends. emang makin lama teknologi makin aneh.

nice pak johan ^^